Kebersamaan Saat Mendaki Gunung Ciremai (for the first time)

2012-06-15 18.17.44Gunung Ciremai merupakan yang tertinggi di Jawa Barat sekitar + 3.078 meter diatas permukaan laut. Terletak diantara 3 (tiga) daerah Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon. Gunung Ciremai merupakan salah satu tujuan wisata terutama bagi para pendaki dan pencinta alam. Untuk menuju puncak Ciremai ada 3 (tiga) jalur pendakian yaitu dari Desa Palutungan (Kuningan), Desa Linggarjati (Kuningan) dan dari Desa Apuy (Majalengka).

Jalur pendakian biasanya ramai pada pada saat saat menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus dan Tahun Baru. Untuk mendaki gunung sangat dibutuhkan persiapan fisik dan mental serta perbekalan yang cukup terutama air.

Bicara tentang pendakian, dulu ketika pertama kali mendaki gunung Ciremai tanpa ada niatan sama sekali. Berawal dari perjalanan pulang berempat dengan teman setelah dua malam berkemah di hutan pinus Palutungan yang terletak di kaki gunung Ciremai, saya memperhatikan gunung Ciremai yang sangat elok, begitu jelas terlihat puncaknya karena pagi itu cuaca sedang cerah. Dari situ terbersit keinginan untuk menuju ke puncak sana. Saya pun menyampaikan keinginan itu kepada teman teman, bak gayung bersambut mereka setuju untuk mencoba mendaki karena sama sama didorong oleh rasa penasaran.

Dengan perbekalan seadanya sisa berkemah, kami pun memulai petualangan menuju puncak Ciremai. Mulai dari pos Cigowong sampai dengan Pangguyangan Badak kita masih berjalan dengan semangat dan ceria. Setelah melewati ketiga pos tersebut kita sudah mulai merasa letih menahan beban tas yang ada dipundak. Perbekalan makanan dan air mulai menipis, dengan gontai kita berusaha terus untuk mencapai puncak, sampai malam hari kita masih terus berjalan dengan penerangan satu senter dan satu lampu badai. Sampai perbekalan sudah hampir habis, hanya tersisa satu botol air mineral, satu permen karet “Yosan” (maaf menyebut merk) dan beras sisa berkemah serta beberapa batang parafin. Kami mulai kelaparan, berhenti istirahat sejenak sambil berbagi satu permen karet berempat untuk mengganjal perut keroncongan. Sungguh terasa nikmat makan sepotong permen karet pada saat kelaparan seperti itu. Setelah beberapa saat beristirahat kami melanjutkan perjalanan, tanpa disangka, entah datangnya dari mana saya menemukan ubi jalar sebesar ibu jari. Saya bagi menjadi empat, sungguh kembali nikmat yang luar biasa telah diberikan Allah, SWT, hanya dengan sepotong ubi kita merasa bertenaga kembali.

Tengah malam kita sudah melewati pos Pasanggrahan, kita semakin merasa sangat letih dan hampir putus asa, pada akhirnya diputuskan malam itu mendirikan tenda dan beristirahat. Masih dengan perut lapar dan rasa dingin yang menusuk tulang kita berusaha untuk memejamkan mata. Pagi harinya hanya saya dan seorang teman saya yang masih semangat melanjutkan mendaki. Kedua teman saya yang lain memutuskan untuk tinggal ditenda karena sudah merasa tak sanggup melanjutkan pendakian.

Masih dengan semangat yang tersisa kita berdua berjalan mendaki, tak lama sampailah kita ke Goa Walet disitu banyak tumbuh bunga Edelweiss atau biasa kita sebut “Bunga Abadi”. Dengan satu tanjakan lagi sampailah kita di puncak Gunung Ciremai. Terasa sirna semua keluh kesah, hilang sudah rasa lapar dan letih, terobati dengan rasa puas dan bersyukur sekaligus bangga karena dengan perjuangan berat akhirnya sampai diatas tanah tertinggi Jawa Barat. Pemandangan begitu indah luas terbentang, kita bagaikan berada diatas lautan awan putih.

Sungguh suatu pengalaman yang sampai saat ini tidak terlupakan, tulisan ini mengingatkan saya pada teman seperjuangan saat pertama kali mendaki gunung Ciremai.

Salam Kompak..!!! buat : Bambang “Benkbenk” Djarsuseno (Awirarangan), Asep “Jabrig” (Sindang), Yana “Gepenk” Cupriyatna (Ciawilor).