Manusia Dan Pilihannya

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan manusia ataupun makhluk lainnya yang bisa saling  mendukung dalam menjalani kehidupannya. Di dunia terdapat miliaran manusia yang tersebar, ada bermacam macam ras, warna kulit, bahasa, watak, adat istiadat dan perbedaan lainnya. Namun di satu sisi terdapat satu persamaan yaitu harapan menuju tujuan hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Terkadang saya membayangkan seandainya didunia ini semua manusia mempunyai sifat yang baik, penyayang, saling menghargai sehingga tidak akan terdengar lagi cerita saling gontok gontokan, saling serang sampai saling bunuh yang seolah olah mereka Tuhan yang berhak mengambil nyawa manusia lainnya segampang itu. Alangkah damainya dunia ini kalau semua itu terwujud, tapi suatu waktu saya pernah mendengar celetukan seorang teman ” wah kalau didunia ini semua manusia bersifat baik, pasti gak ramai lagi dong..?”. Ya, itulah salah satu perbedaan sikap dan pemikiran manusia. Seandainya di dunia ini tidak ada hal yang buruk maka kebaikan itu tidak akan timbul atau tampak terlihat. Begitupun sebaliknya, keburukan tidak akan tampak tanpa adanya kebaikan. Hal tersebut mungkin hanya sebagai anggapan penulis semata.

Tapi tak dapat dipungkiri memang seperti itu halnya hidup di dunia ini berpasang pasangan, ada baik ada buruk, hitam putih dan lain sebagainya. Manusia hanya sekedar menjalani apa yang menjadi pilihannya dan menanggung serta menerima apa hasil dari pilihannya tersebut.
Apabila memilih menanam kebaikan maka akan menuai kebaikan, begitupun sebaliknya menanam keburukan maka akan menuai keburukan pula.
Semoga kita termasuk manusia yang kelak akan menuai kebaikan.

Salam walagri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s